Namun demikian, banyak yang belum mengetahui pemasaran bisnis daring dengan benar. Bisnis daring sebenarnya memungkinkan siapa pun, bukan hanya orang yang memiliki perusahaan, untuk mendapatkan keuntungan. Bisnis daring bisa dilakukan oleh individu- individu di mana pun, kapan pun dengan modal memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup serta terhubung dengan jaringan internet.
Jadi, bisnis online adalah bisnis yang dilakukan melalui sistem komputer daring interaktif yang menghubungkan konsumen dan penjual secara elektronik. Itulah juga sebabnya, bisnis online sering pula disebut bisnis internet atau pemasaran berbasis internet, yaitu penggunaan internet dan teknologi digital yang berhubungan untuk mencapai tujuan pemasaran dan mendukung konsep modern. Usaha anda akan berhasil jika mampu menangani 4P. Berikut ini beberapa perbedaan cara menangani 4P di dunia luring dengan 4P di dunia daring.
1. Produk (Product)
Produk yang banyak diminati masyarakat dan laku di pasaran adalah produk yang tidak hanya mementingkan fungsinya, tetapi juga kualitasnya. Produk yang berkualitas dihasilkan melalui proses yang berkualitas juga. Itulah sebabnya, untuk menciptakan produk yang berkualitas diperlukan biaya yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan produk berkualitas standar.
2. Harga (Price)
Menentukan harga sebuah produk di dunia luring bukanlah persoalan sepele, namun melalui perhitungan-perhitungan dengan memperhatikan banyak aspek, seperti harga pokok produksi, biaya proses produksi, biaya sewa mesin, biaya pajak, dan sebagainnya. Perubahan harga yang berkaitan dengan pemasaran, seperti discount, harga promosi, dan lain sebagainya, dapat dilakukan setiap saat dengan tingkat efektivitas dan elsiensi yang tinggi.
3. Promosi (Promotion)
Promosi di dunia luring banyak digunakan oleh perusahaan dengan cara memasang iklan di multimedia seperti televisi dan media cetak seperti koran. Promosi ini dilakukan dengan mengadakan events, seperti pameran-pameran. Promosi yang sering digunakan adalah pemasangan spanduk, banner, dan leaflet di tempat-tempat yang strategis. Promosi di dunia daring membutuhkan biaya yang relatif murah, bahkan bisa gratis.
4. Tempat (Place)
Lokasi perusahaan dalam hal ini tempat usaha yang strategis sangat menentukan tercapai atau tidaknya target perusahaan. Tempat yang strategis akan membuat konsumen serasa dimanjakan. Tempat yang strategis antara lain dipinggir jalan, lokasi yang representatif, dan di pusat keramaian. Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan itu lebih tinggi. Cara dan metode membuat produk dan menetapkan harga, melakukan promosi, serta memilih tempat di dunia daring bersifat terukur dan terarah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar